Typus ( Sedikit cerita waktu Farah di duga Typus )

By Tuesday, June 16, 2009

Photobucket

Gejala :

Hari Jum'at 12 Mei 2009, tiba -tiba Farah tiap kali dikasih makan muntah, tambah siang badannya mulai panas, kubawa ke dokter anak dan dikasih obat muntah sama penurun panas.
Hari Sabtu sampai Minggu panasnya tetap ga stabil kalo siang turun tapi malam harinya tinggi sampai 39 derajat. So hari Minggunya kami putuskan membawanya ke Rumah Sakit, karena ga ada DSA yang praktek.

Di Rumah Sakit :

Karena hari Minggu Farah ditangani sama Dokter Umum jaga,, dokter dan suster pelayanannya baik banget Farah jadi ga takut. Setelah diperiksa dokter ngasih opsi ke kami, mau pake obat aja apa gimana soalnya panasnya dah 3 hari. Akhirnya kami pilih tes darah aja takut terkena DBD.

Waktu diambil darahnya Farah ga nangis, di ruangan itu kayanya dia nyaman banget karena dirumah rewel terus begitu tidur di ruang pemeriksaan di amalah menikmati banget, mungkin krn ruangannya bersih dan dingin ber AC. Ditambah dokter dan susternya nyaman jadi kamipun nyaman.

Waktu nunggu hasil lab diruang tunggu pun Farah ga rewel padahal lumayan lama, sejam.

Hasil Lab :

Photobucket

Dokter sih menyimpulkan kalo ada bakteri Typus, tapi dokter cuma ngasih opsi aja mau rawat jalan pake obat apa mo di opname aja? Kami pun nanya rawat jalan GPP gitu Dok? Dokter menjawab GPP tapi dengan catatan kalo demam ga turun juga dan masih munta-muntah dalam 24 jam segera bawa ke Rumah Sakit ya,,,oke Dok rawat jalan ajalah kalo gitu.
Dokterpun ngasih resep Neo Kolan obat diare diminum kalo diare, Sanmag diminum kalo muntah/mual/maag, Thiamycin dihabiskan, sama Sanmol diminum jika panas.

Hasilnya hari Senin pagi Farah dah ga panas n muntah lagi tapi masih encer BABnya krn belum mau makan.

Hasil Browsing tentang Thypus

Aku jadi agak tenang, tapi masih khawatir juga. Tadi malam browsing ke blognya dokter-dokter dan menemukan jawaban
1. Kalo tes Widal Typus dilakukan sebelum panas selama 1-2 minggu, itu tidak berarti apa-apa karena Indonesia adalah negara endemik bakteri Salmonela Typhosa jadi kemungkinan orang sehatpun ada bakteri typusnya. ( Berarti Farah kemungkinan bukan terkena typus, cuman ada baktery mampir )

2. Kalo panas tinggi selama 3 hari, hasil lab tidak menyatakan terkena DBd ( trombosit normal )dan setelah dikasih penurun panas antibiotik dan obat penghilang gejala,, panas langsung turun dan berangsur sembuh kurang dari seminggu,, itu artinya BUKAN TYPUS meskipun hasil tes Widal Typus menyatakan ada baktery thypi positif. ( Berarti kesimpulannya Farah ga kena Thypus coz pada hari ini aku tulis blog ini dia udah ga makan, ga mual, mau makan, lemesnya udah ga terlalu, udah mau bercancanda..alhamdulillah tinggal pemulihan aja,semoga cepat sembuh )

Ini dia blognya pak dokter yang melegakan hatiku, isinya artikel2 kesehatan yang bagus dan dokternya ramah pula bisa berkonsultasi gratiss. Thanks to Cak Moki at http://www.cakmoki.wordpress.com/ dan ada pula artikel, milis dan blog lain yang mendukung teori ini.

Tapi ada satu pertanyaan yang belum terjawab nih, harus ke dokter anak, bulan depan kan jadwalnya imunisasi typus, masih boleh dilakukan ga ya? mungkin ada pembaca yang mau kasih solusi?

You Might Also Like

0 comments