Braces Part 3 : Dipasang kawat gigi dan gimana rasanya?

By Thursday, July 23, 2009

Sebenarnya behelku udah terpasang sejak seminggu yang lalu, karena pada pemasangan pertama ring untuk gigi belaakang belum dipasang jadinya kupikir nanti aja nulis di blognya kalo udah beres terpasang semua dan udah tau gimana rasanya setelah pakai kawat gigi.


Selasa, 14 Juli 2009 : Tampil beda dengan braces...

Pada hari ini kawat gigiku mulai dipasang tapi belum semuanya masih yang depan aja sampai gigi sebelum geraham. Pas suruh milih warna karet ..he..he..bingung..mo pake warna genjreng ga pede...finally aku pilih warna bening untuk gigi atas dan warna pink untuk gigi bawah. Habis di pasang bracesnya ga boleh makan selama 2 jam...fiiuuh laper bo, padahal biasanya jg belum tentu makan tapi kalo di komando suruh ga makan kok ya ngilerrr liat makanan.

Sesudah 2 jam berlalu aku mencoba makan, karena takut ga nyaman apa gimana gitu aku beli makanan kesukaanku yang lembut yaitu Kwetiaw Goreng. Ternyata...eh ternyata pada tahap ini belum pengaruh apa bahkan sampai hari kedua dan ketiga juga biasa aja...makan tetap enak dan lahap. Cuman gigi depan sebenarnya agak ngilu selama sehari... tapi kan makannya pake gigi geraham dan gigi depan ga boleh dipake nggigit so, keadaan masih baik-baik saja.

Di saat ini yang perlu diperhatikan adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut jadi biarpun ada luka, karena mulut bersih insyaaloh ga sariawan.

Selasa, 21 Juli 2009 : Dipasang kawat gigi lengkap

Rupanya susunan gigi pada gigiku yang akan dipasangi ring sudah tidak pada tempatnya, gigi atas udah turun karena gigi bawahnya udah kelamaan tak ada giginya ( coz dah dicabut dari aku SMA dan ga diisi gigi palsu ) akhirnya setelah dipasang ring serasa ada yang mengganjal waktu dipake nggigit. Jadi ga nyaman banget deh rasanya...tapi sama dokter bilang nanti akan terbiasa. Kali ini untuk warna karetnya aku pilih selang seling warna clear dan abu-abu...hm..hm lebih nyaman daripada pink kemaren.

Dan...selamat datang sariawan...akhirnya sariawan juga di bagian dinding mulut yang dekat dengan ring. Penyebabnya karena dinding mulut tergigit waktu dipake ngunyah, jadi deh meskipun masih bisa makan tetap lebih nyaman makan bubur, kwetiaw dan mi rebus. Gigi yang di pasang ring juga jadi agak ngilu selama 2 hari. Intinya selama 3 hari pakai kawat gigi lengkap adalah...agak menderita kalo makan karena ga nyaman.

So lagi-lagi harus ekstra menjaga kebersihan mulut terutama pembersihan gigi sebelum tidur. Terbukti dengan menjaga kebersihan mulut sariawan yang baru akan meradang ga jadi melebar. Jangan lupa suplemen multivitamin coz udah pasti gizi yang masuk jadi kurang karena masalah makan ini. Semua masalah ini terlewati setelah 3 hari sampai 1 minggu pemakaian.

Ini dia braces pertamaku,,masih terlihat berantakan karena masih ngikutin struktur gigi yang berantakan. Gigi atas pakai warna clear




Sebelumnya :
Braces Part 1 : Keinginan pakai kawat gigi
Braces Part 2 : Langkah awal
Selanjutnya :
Braces Part 4 : Warna

You Might Also Like

5 comments

  1. informasi yang sangat bermanfaat.
    susunan giginya persis anak saya.
    sayangnya anak saya g' mau pake kawat gigi karena malu. pasang dong gambar gigi pada saat pake behel, terutama gigi atas. mau saya tunjukkan ke anak saya. makasih.

    ReplyDelete
  2. kawat giginya gimana?
    warna warni kah?

    ReplyDelete
  3. @SN : Makasih,,di postingan berikutnya akan saya upload foto2 kawat gigi dan warna warninya,,,Salam buat anaknya pede aja lagi he..he..

    @Adeknya Pedrosa : yang berwarna itu karetnya, banyak kok warna warninya tinggal pilih aja mana yang keren menurut kamu :)

    ReplyDelete
  4. berapa lama waktu pemasangan kawat gigi yg dibutuhkan dari awal hingga mendapatkan hasil yg sekarang ini mba?

    ReplyDelete
  5. udah dicopot blum nih

    ReplyDelete