Braces Part 1 : Keinginan Pakai Kawat Gigi

By Thursday, June 25, 2009

Fact 1 : Gigi palsu atau kawat gigi?

Suatu hari aku ke dokter gigi untuk lagi-lagi menambal gigi dan nanya-nanya tentang gigi palsu. Ada 4 gigiku yang sudah hilang/dicabut 2 gigi geraham bawah dan satu gigi atas samping kanan ( ga tau gigi apa namanya )dan ada sela sedikit di gusi bawah karena gigi bayi yang telat coptnya. Sebaiknya sih pake gigi palsu, soalnya gusi yang ga ada giginya sering banget sariawan dan dagingnya semakin susut ke bawah. Males banget deh Dok pake gigi pake palsu :-( yah mo gimana lagi Dian kalo pengen sehat dan ga sering sariawan sih. Dokternya terus mengamati susunan gigiku, dan bilang kalo ngeliat dari susunan gigimu ada pilihan kedua selain pake gigi palsu, pake behel aja. Karena dokter menyimpulkan alasan yang aku tulis di fact 2.

Fact 2 : Gigi atasku gingsul dan gigi bawah lebih maju daripada gigi atas .

Dua alasan dokter kenapa nyaranin aku pake kawat gigi adalah karena kondisi gigi atas dan bawahku.

Gigi atas

Susunan gigi atas bagian depan ada yang gingsul satu di bagian depan dan bagian belakangnya maju mundur sehingga menyulitkan sikat gigi menjangkau sela-sela gigi. Bahkan saat ngebersihin plak dokter juga sering bilang kalo yang atas susah dijanggau karena susunannya yang berliku-liku. Bila memakai braces, satu gigi yang hilang akan bermanfaat sebagai tempat untuk menggeser gigi sehingga gigi gingsulku bisa punya tempat. Selain itu gigi atasku yang berliku akan jadi rapi sehingga mudah dibersihkan. Hm..hm..saran yang patut di pertimbangkan pertama aku ga harus pake gigi palsu dan bonusnya gigiku menjadi rapi mudah dibersihkan dan sehat.

Gigi Bawah

Susunan gigi bawahku lebih maju dari pada gigi atas ( kalo orang sunda bilang cameuh ). Bila aku pakai kawat gigi dengan adanya 2 gigi geraham yang hilang, bisa dipake tempat untuk barisan gigi depan yang akan digeser ke belakang supaya aku tidak cameuh lagi. Tapi karena ada sedikit sela di gigi samping kananku kayanya satu gigi palsu tetap harus dipake nantinya. Lagi-lagi patut dipertimbangkan karena aku garus pakai 3 gigi palsu tapi cukup satu saja dan bonusnya gigiku jadi normal rahang atas lebih maju daripada rahang bawah.

Dengan dua alasan di atas akhirnya aku mulai memutuskan untuk pakai baraces saja, karena selain menghindari pemakaian gigi palsu manfaatnya akan lebih banyak lagi bagi kesehatan rongga mulutku. Pertama gigiku jadi rapi sehingga lebih mudah dibersihkan baik oleh sikat gigi maupun pas membersihkan plak di dokter gigi ( penginnya sih punya gigi yang tetap sehat dan kuat sampai tua dan tak lagi bermasalah dengan gigi berlubang ), kedua dengan susunan gigi rahang atas dan bawah yang normal ( gigi atas lebih maju dari pada gigi bawah )diharapkan fungsi gigi sebagai alat pengunyah makanan jadi lebih baik sehingga lambung tidak lagi dapet pekerjaan berat karena makanan yang tidak terkunyah sempurna. Ketiga sariawan tak lagi jadi penghuni tetap gusiku insyaAlloh :). Dan yang terakhir ini aku anggap bonus yaitu gigi yang rapi tentu enak dilihat kan :)


So..akhirnya,
Sebenernya bulan Januari yang lalu dah mo dipasang kawat gigi, setelah diperiksa gigi bungsu ke empat yang baru numbuh, belum muncul semua dari dalam gusi. Jadi ya sudahlah nunggu 6 bulan lagi, uangnya dibeliin HP dulu aja he..he..secara HP jadulku dah ga cocok lagi.
Sekarang dah enam bulan rencana awal bulan Juli besok mo ke dokter gigi buat konsultasi dulu. Hm..hmm..kalo jadi di pasang siap-siap nambah langsing nih coz mungkin ga bisa makan dengan enak selama 2 mingguan ( pengalaman yang udah pake )

Sebenernya malu sih mo masang foto gigi...he..he...inilah fotoku tampak depan yang belakang dah banyak yang di tambal dan yang atas berantakan :) lagian ngambil fotonya susyah :P

Photobucket

Berikutnya :
Braces Part 2 : Langkah Awal
Braces Part 3 : Dipasang kawat gigi dan gimana rasanya?
Braces Part 4 : Warna



You Might Also Like

3 comments

  1. :-)
    bRACES?

    KEEP SMILING!
    http://ummul-orthodonti.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. kalo cerita gigiku lain nich... ak suka gak pede ni dah ampir 4th, krn gigi depanku sebelah kanan turun.... dikarenakan dulu pas SD pernah jatuh dr sepeda, tapi ngefeknya pas udah SMA. tp kalo makan yg keras² ato gigit makanan pake gigi depan suka sakit sekali.... trus gigiku udah goyang juga. aku kepingin pake kawat gigi aja, tp bagaimana dgn gigiku yg udah goyang???
    apa sebaiknya ak cabut dulu... lalu pasang gigi palsu... so baru di kawatin gitu???
    ak benar² kurang pede senyum skrg.
    please help me.... sob.
    thx u

    ReplyDelete
  3. Apa gigi palsu bagian depan bisa pake behell??

    ReplyDelete