Sup Sawi Tahu masak jahe yang hangat untuk yang sedang flu berat

By Tuesday, May 05, 2015


Long weekend kemaren aku dan suami, kami berdua kompakan kena flu berat dan batuk. Aku benar-benar kepikiran masak apa ya yang hangat dan seger gitu tapi tetep sesuai kaidah food combining biar chubbyhubby nggak harus cheating dari dietnya. 

Malam itu entah darimana datangnya, aku mengkhayalkan sop sayur tanpa daging merah yang panas dan bisa menghangatkan badan, mirip-mirip sapo tahu tapi maunya tahunya gurih banget dan nggak putih mentah. Kuahnya harus panas hangat manis dan gurih, jadi harus ada jahenya, gula dan soy sauce. Ketika ngebuka kulkas ada sawi, wortel, jagung pipil dan tahu. Akhirnya khayalan saya tadi saya wujudkan jadi sebuah sop sayuran dan tahu yang nggak nyangka hasilnya beneran enak dan pas banget disantap pas hidung mampet. 

Senang sekali resep kreasi saya dibilang enak, segar dan hangat sama suami, dan  dia langsung abis semangkuk besar dimakan tanpa nasi...hihihi ^^
Buat penyuka masakan sayur yang sedang flu resep ini boleh dicoba.

Sop Sayur Dengan Kuah Jahe


Bahan 
1/2 ikat sawi caisim, potong-potong
1/2 ikat wortel, potong-potong
3 sendok makan jagung pipil
1 buah bawang bombai ukuran sedang, potong panjang
1 sendok teh soy sauce
1/2 sdt gula
Garam atau Royco secukupnya
500ml air

Cara membuat:
Tumis bawang bombay, bawang putih, jahe sampai harum masukkan soy sauce, gula dan garam tumis sebentar lalu masukkan jagung pipil dan wortel tumis sambil diaduk rata lalu masukkan air, masak sampai air mendidih dan wortel empuk cicipi manis asinnya bila sudah pas masukkan sawi dan daun bawang aduk, tutup sebentar, jangan masak terlalu lama agar sawi tetap segar.

Tahu Goreng Balut Telur


Bahan
3 buah tahu
1 butir telur
1/2 sdt merica
1 siung bawang putih
Garam 
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
Haluskan merica, bawang dan garam dengan cobek bila sudah halus masukkan telur aduk sampai rata lalu masukkan tahu, goreng.

Cara penyajian:
Paling enak disajikan saat masih panas, masukkan tahu gorengnya ketika sudah akan dimakan, bisa dimakan dengan atau tanpa nasi. 

You Might Also Like

0 comments