My current simply obsession to Pound Cake : fall in love with the easyand relaxing process

By Friday, April 03, 2015 ,


Bikin pound cake itu simple sekali, very basic pound cake bahkan cuma pakai 4 bahan seperti pada foto diatas telur, gula, tepung terigu dan margarine diaduk jadi satu dan jadi kue.

Prosesnya yang mudah, simple dan santai, bagi aku sih bener-bener bisa buat ngelepas stress dan enjoying waktu luang. Bisa bikin kue dengan santai sambil foto-fotoin prosesnya, lalu mulai bikin draft tulisan di blog selama kue dioven, menyenangkan sekali, how relaxing is the process.


Setelah menyiapkan bahan, panaskan oven. Selama oven dipanaskan buatlah adonan kue.

Pertama kocok 110 gram mentega dengan mixer kecepatan tinggi sampai putih lalu masukkan 110 gram gula pasir dan 1/2 sendok teh baking powder, kocok dengan mixer kecepatan tinggi sampai benar-benar mengembang, ini butuh waktu sekitar 7-10 menit. Turunkan kecepatan mixer ke yang paling rendah masukkan 2 butir telor yang telah diaduk dan 110 gram tepung terigu secara bergantian, kocok asal rata sebentar saja, masukkan 1/2 sendok teh vanili bubuk/cair aduk rata dengan spatula. Tuang ke dalam loyang. 


Masukkan loyang yang telah diisi adonan ke dalam oven. Oven dengan temperatur 150 C selama 30 menit. Sambil menunggu siapkan aluminium foil selebar loyang.


Setelah 30 menit, cek kematangan kue dengan tusuk gigi, pada saat membuat ini kebetulan kue sudah cukup matang karena sudah tidak ada yang menempel pada tusuk gigi, tapi masih putih pucat dan bagian dalamnya belum terlalu matang. Tutup loyang dengan aluminium foil, lalu oven lagi dengan suhu 170 C selama 15 menit. Tujuan ditutup aluminium foil adalah supaya kue bagian atas tidak godong ketika dioven lagi dengan suhu yang lebih tinggi. Bila saat ngecek kue masih ada adonan yang lengket di tusuk gigi, maka pada saat mengoven yang kedua akan butuh waktu lebih dari 15 menit.


Pound cake dengan resep basic ini hasilnya tidak terlalu lembut, tapi juga sama sekali nggak bantat, rasanya yang manis dengan asin gurih mentega menjadi suguhan lezat favorite keluarga kami. Karena ini resep dasar tentu saja masih bisa banget untuk dimodifikasi. 




You Might Also Like

0 comments