My daily skincare routine : stands between natural and chemical

By Sunday, April 26, 2015


Bersyukur sekali meskipun sudah berada di range umur 30an akhirnya masih bisa pakai make up minimalis dan masih terselamatkan dari perawatan klinik ataupun krim-krim dokter, jadilah sampai sekarang belum punya pengalaman pakai skincare dari klinik dan krim dokter. Meskipun sempat ngalamin juga kondisi kulit yang jadi susah dikendalikan begitu memasuki umur tiga puluhan, alhamdulillah masih tertolong oleh rangkaian natural peeling Secret Garden Potion produk dari Green Mommy Shop yang alami, 100% natural, home made and non chemical beauty product, yang sebelumnya aku pernah menceritakannya disini.

Okay, kemudian setelah kulitku kembali normal dan sehat, aku mau sharing produk skin care apa yang aku gunakan di usia 30an keatas dengan jenis kulit normal cenderung kering yang mulai muncul tanda penuaan garis halus dan flek hitam tipis. Pilihanku jatuh ke beberapa produk di bawah ini :)

Facial Cleanser and Mask 



The Body Shop, Vitamin E Gentle Facial Wash

Karena sehari hari jarang pakai bedak tebal untuk pembersih wajah aku langsung pakai sabun muka ini nggak pakai milk cleanser. Teksturnya creamy dan nggak bikin kulit kering cocok untuk kulit kering aku. 

Glamglow Youthmud, tinglexfoliate treatment

Awalnya beli Glamglow ini karena penasaran saking bagusnya review para beauty blogger di blog dan instagram mereka untuk masker ini. Ternyata benar, produk ini wajib punya banget karena baru dua kali pakai aja udah bikin kulitku jadi lebih kenyal, halus banget setiap habis pakai, menyamarkan flek dan garis halus, hasilnya beneran kaya abis difacial di salon jadi aku ga perlu lagi ngabisin waktu weekendku buat facial ke salon, memang harganya sangat berharga alias mihil tapi bisa dipakai berkali-kali yang ukuran tube kecil ini bisa dipakai sekitar 4-6 kali, bahagianya nambah karena sejak pakai ini aku udah ga pernah ke salon untuk facial jadi bisa punya banyak waktu untuk anak-anak deh. Aku pakai masker ini seminggu sekali. 

Perawatan kulit untuk siang dan malam hari


Soal skin care dari dulu pinginnya pakai yang alami-alami aja, entah kenapa setiap ditawarin untuk perawatan ke klinik atau dokter kulit hatiku selalu ragu dan akhirnya nggak jadi. Lalu setelah sukses dengan natural peeling pakai produk yang 100% berbahan alami pengen seterusnya pakai produk organik dan non chemical tetapi kelemahan produk natural itu karena kebanyakan berbasic oil jadi sometimes too oily untuk dipakai di siang hari terus ada beberapa beauty oil yang jika nggak pas yang cocok malah bikin komedo. Jadilah untuk  beauty oilnya aku pakai malam hari saja.

Siang hari aku cukup pakai 2 produk ini:

SK II, Facial Treatment Essence

Dari jaman masih ababil udah penasaran banget sama produk ini yang terkenal mahal dan kata iklannya bisa bikin kulit sebening kristal, satu pertanyaan...owwreally??? 
Akhirnya rasa penasaran terbayar ketika nyobain samplenya, setelah pengelupasan pakai Secret Garden Potion dari GMS selama kurang lebih sebulan, kemudian dilanjut dengan rutin pakai FTE ini kulit bener-bener bersih dan glowing, flek hitam makin samar dan garis halus bisa dibilang jadi sangat berkurang. Suka banget hasil glowingnya karena bila kena cahaya kulit jadi memantulkan kilau gitu, istilah berkilau lebih tepat karena memang nggak mengkilap yang berminyak gitu, Iklan SK II yang mengklaim bisa bikin kulit sebening kristal itu ternyata benar adanya, at least for me, karena hasil di masing-masing orang mungkin berbeda ya. Dari dulu aku nggak suka pakai bedak tebal baik foundie ataupun bb krim dan SK II Facial Treatment Essence yang ajaib mewujudkan impianku untuk tetap bisa tampil natural tanpa bedak tebal di usia tiga puluh tahun ke atas. 

SK II, Cellumination Day Surge UV SPF 30

Tabir surya itu wajib, karena ga pake bentar aja flek hitam pasti makin tampak di Lampung yang panasnya menyengat banget. Aku memilih produk ini pertama untuk mengirit karena dalam satu produk udah mengandung pelembab dan perlindungan sinar UV SPF 30, kedua karena aku suka teksturnya yang ringan dan nggak pekat seperti kebanyakan tabir surya tapi meskipun begitu dia lembab banget di kulit dengan hasil akhir ada efek semacam ada kilau aura seperti rangkaian SK II Cellumination yang lain, finishingnya tinggal pake bedak tabur atau pressed powder aja kulit udah oke banget.

Intinya produk-produk SK II itu guwe banget, karena bisa mewujudkan impian aku yaitu punya kulit sehat alami tanpa make up tebal tanpa krim-krim dokter meskipun usia makin  nambah. Alhamdulillah. Meskipun harganya too pricey tapi ini worth it banget untuk dibela-belain nabung dulu buat beli.

Nah, sayangnya produk SK II tidak bisa dibilang natural karena masih mengandung bahan kimia seperti methilparaben, sayang sekali. Sebagai penyeimbang supaya kulit tidak terlalu terpapar bahan kimia, untuk perawatan kulit di malam hari setelah cuci muka dan pakai Facial Treatment Essence aku lanjutkan dengan pakai pelembab yang 100% natural dan 100% organik yaitu Argan Oil dan Almond Oil. 




Argan Oil dari Spoil Organics dan Almond Oil dari Green Mommy Shop

Loh kok ada dua Di? 

Heww iyaaa, ceritanya aku memang bingung ketika harus memilih salah satu dari dua produk ini akhirnya dipakai bergantian deh. Suka banget dengan argan oil karena meskipun ini minyak tapi pas dipakai ringan, nggak lengket dan cepat meresap nyaman di kulit dengan kandungan nutrisi yang super sekeles untuk kesehatan kulit. Sedangkan almond oil teksturnya lebih lengket, oily banget dan ga cepat meresap jadi nggak terlalu nyaman pas dipakai tapi hasilnya untuk kulit kering dan menua lebih cepat terasa hasilnya daripada si argan, setelah pemakaian semalaman almond oil bikin kulit kering jadi lembab kenyal dan supel dipagi harinya.
Itulah kenapa aku pilih dua-duanya, namun belakangan lebih sering pakai yang almond oil sih :))

Sejak pakai skin care di atas aku jadi nggak pernah lagi pergi ke salon untuk facial, jadi punya lebih banyak waktu untuk anak-anak dan keluarga, sebagai ibu bekerja moment seperti itu terasa berharga banget.

Selain perawatan dengan skincare, untuk kesehatan kulit maksimal harus dibarengin dengan pola makan yang sehat, banyak (banget) makan sayur dan buah kurangi konsumsi dairy product seperti susu sapi dan daging merah, minum air putih yang cukup, konsumsi honey lemon shot tiap pagi selain bagus untuk kesehatan tubuh juga bikin kulit sehat. 
 
Gimana dengan bedak?
 


Karena kulit udah bersih dan sehat alami ga perlu lagi tuh pakai bedak yang ketebelan, setelahnya sehari-hari aku cukup pakai everyday compact powder (bedak padat) dari Wardah tipis-tipis, bila jenis kulitmu berminyak bisa pakai loose powder (bedak tabur), dan untuk ke acara-acara resmi cukup pakai Wardah Lightening BB Cream.

Where to buy that products online?


The Body Shop : www.thebodyshop.co.id

Glamglow : instagram @lovebyapril

SK II : instagram @verovica

Spoil Organics : instagram @spoil_organics or www.spoilorganics.com

Green Mommy Shop : www.gms.hadeyazah.org

You Might Also Like

4 comments

  1. Mbak, pakai campur-campur produk apa nggak bikin jerawatan? Saya udah stop pake dari dokter dan pakai produk gms. Pas sabun gms habis aq iseng pakai sisa sabun wajah dr klinik terdahulu. Giliran sabun gms nyampe rumah langsung jerawatan ky pas purging dulu. Padahal setelah beberapa bulan sembuh dari purging sempet mulus juga lho pake rangkaiannya gms.

    Habis peristiwa itu aq jadi takut coba2 produk lain. Beneran gak bikin masalah kah untuk produk SKII sama TBS??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi...tinta wungu, thanks for your comment :)

      Kebetulan kulitku cenderung kering bgt jadi gak jerawatan. Karena facial treatment essence (fte) SK II ini bagus bgt hasilnya di aku jadilah ini skincare wajib yang ga pingin aku ganti2 lg (jujur FTE ini emang ajaib bgt!). Nah untuk argan/ gms almond oil sendiri kebetulan di mix sama fte hasilnya oke banget dikulitku, bikin lembab sehat gitu, cocok bgt. Tapi aku jg pernah pakai FTE di mix sama gms butterfly dan pernah jg sama gms herbal facial oil (ageing gracefully) eh bikin bruntusan n komedo terus menerus. Skincare memang cocok2an jadi kalau udah nemu yg bikin kulit oke dan cocok jangan ganti2 lagi. Tapi kl kamu penasaran sama keajaiban FTE aku saranin beli sample yg 10ml aja dulu hehe...

      Delete