Rumah Makan IKA, spesial Pindang Kepala Simba khas Lampung

By Thursday, April 02, 2015


Bila kamu sedang berkunjung ke Bandar Lampung dan ingin mencicipi masakan pindang kepala ikan simba khas Lampung, aku sarankan untuk singgah ke Rumah Makan Ika yang terletak di pinggir jalan raya Way Ratay, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran dengan jarak tempuh kurang lebih 30 menit dari Bandar Lampung. Kamu juga bakal ngelewatin rumah makan ini kalau sedang dalam perjalanan dari Bandar Lampung menuju pantai Mutun, pantai Klara atau ke Teluk Kiluan (meskipun kalau ke Kiluan masih kurang lebih 3 jam lagi dari sini)


Nah yang paling aku sukai dari rumah makan ini adalah setelah memesan menu makan, sambil menunggu makanan yang dipesan datang, nasi putih akan disuguhkan terlebih dahulu dengan tiga piring menu gratis sepiring Sambel Terong Ikan Asin Jengkol, sepiring Urap Sayuran dan sepiring lalap sayuran mentah+sambal. Menurutku sambel terong ikan asin jengkolnya yang paling endess, bikin nagih apalagi dimakan sama nasi hangat dan urap. Pindang ikannya belum datang nasinya udah abisss huhuhu~


It's okay kalo nasinya udah habis, karena pindang kepala ikan simba enaknya dimakan nggak pakai nasi. Pindang ikan sendiri merupakan makanan khas daerah Sumatera bagian selatan biasanya memakai ikan patin, masakannya seperti sop ikan yang dimasak dengan bumbu khas sumatera yang pedas banget dan sedikit asam. Cocok banget dimakan di lampung yang panas. 

Lalu apa bedanya pindang sumatera selatan dengan pindang lampung?

Di sumatera selatan yang terkenal adalah pindang ikan patin, sedangkan orang Lampung punya masakan pindang khas sendiri yaitu pindang ikan simba, ikan simba sendiri cuma bisa dijumpai di perairan laut sekitar Lampung. Melihat satu porsi pindang kepala ikan simba dalam satu piring besar itu cuma pakai setengah kepala jadi ikan simba ini memang termasuk jenis ikan besar.


Selain menu utama pindang ikan, Rumah Makan Ika juga menyajikan menu seafood lain ikan kerapu, bawal, gurame bakar/goreng, aneka masakan udang dan cumi serta satu lagi menu favorit para pengunjung disini yaitu telur ikan goreng. Tumis kangkung terasi disini juga enak banget rasanya, salah satu menu sayur yang wajib aku pesan.


Suasana tempat makannya bikin agak-agak bernuansa Sunda gitu karena makannya di saung lesehan dengan pemandangan sawah. Bila sedang beruntung kamu juga akan melihat pemandangan pohon pete yang sedang berbuah. Lol!







You Might Also Like

0 comments