Cheerful Tom Yam

By Sunday, March 29, 2015 ,


I was sooo in love with the color of this inggredients...cerah banget.

Sebenernya bakal bagus kalau dibuat sayur bening aja kali ya...tapi kali ini atas permintaan Farah, bahan cantik ini akan kami buat Tom Yam (resep tanpa cabe, cukup pedas dari bumbu instan tomyam). Sayang sekali pas nggak punya udang, but its ok, shabu-shabu kesukaan anak-anak bisa jadi penolong, dengan aneka bentuknya yang super cute :)


Bahan:
1 kg cumi ukuran sedang, potong cincin, saya lebih suka cumi yang sudah dibersihkan dari tinta dan kulitnya, jadi tinggal badannya yang putih.

Shabu shabu sesuai selera dan potong sesuai selera juga

Jamur Enoki secukupnya, bisa juga diganti jamur lainnya misal jamur kancing

1 bungkus bumbu instan tom yam (saya menggunakan bumbu merk Asian Home Gourmet)

1 buah wortel impor ukuran yang cukup besar, iris tipis tapi jangan tipis banget.

+/- 750ml air, sesuaikan dengan rasa.

1 buah bawang bombay ukuran kecil, cincang
2 siung bawang putih, cincang
3 siung bawang merah, iris halus
1 SDM kecap ikan
8 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya, sobek-sobek
2 batang serai, potong sampai bagian yang putih, memarkan
2 batang bawang daun, iris 1 cm
Gula pasir secukupnya
Minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat:
1. Tumis bawang bombay, bawang merah, bawang putih, serai sampai harum tambahkan air, masak sampai air mendidih, masukkan bumbu tomyam didihkan sebentar.

2. Masukkan wortel dan shabu shabu, masukkan kecap ikan, gula pasir daun jeruk, sambil menunggu wortel empuk dan shabu matang, cicipi rasanya apakah rasa asam, asin dan manisnya sudah pas.
Kebetulan bumbu tomyam instan yang saya pakai asam dan asinnya sudah pas, cenderung asam banget malah namun gulanya masih perlu nambahin cukup banyak. Karena masing-masing bumbu tom yam mungkin berbeda, jika kurang asam tambahkan air perasan jeruk nipis, jika kurang asin tambahkan kaldu ayam bubuk atau garam.

3. Okay kembali ke masakan, bila wortel dan shabu sudah matang, masukkan cumi dan jamur enoki rebus kurang lebih dua menit sampai cumi matang, jangan terlalu lama ngerebus cumi biar nggak alot. Terakhir tabur daun bawang. Icip-icip lagi. Bila sudah pas rasanya, selesai deh. Gampangkan...kata Ibu pada dasarnya masak itu tinggal cemplang cemplungin bahan aja :p

Karena masakin untuk anak-anak jadi tomyamnya nggak gitu pedas, untuk mommy and dad bila ingin lebih pedas tinggal tambahin irisan cabe sesuka hati.


You Might Also Like

0 comments