My current simply obsession to Pound Cake: Lemon Pound Cake

By Sunday, March 29, 2015 ,


Pound cake lagi~

Setelah sebelumnya bikin Bolu Kangen Nenek, minggu lalu aku bikin lagi pound cake bahan-bahannya sih sama, cara pembuatan yang berbeda plus ditambah parutan kulit lemon biar makin sedep.

Kali ini aku bikin setengah resep saja, jadi hasilnya cuma cukup untuk sekali tea time sore. Untuk hasil yang lebih banyak, tinggal dikali 2, 3 dst aja resepnya yaa...


Bahan:
2 butir telur
110 gram tepung terigu
110 gram gula pasir
110 gram mentega (aku pakai blue band sebaguna)
1/2 sdt baking powder
1 sdt parutan jeruk lemon, parut bagian kuningnya saja biar nggak pahit
1 sdt vanili cair/bubuk

Cara membuat:
1. Kocok mentega dengan mixer berkecepatan sedang sampai mentega berwarna putih, lalu masukkan gula pasir dan baking powder kocok sampai adonan benar benar mengembang.

2. Turunkan kecepatan mixer ke yang paling rendah, lalu tuang telur dan tepung terigu secara bergantian, aduk rata jangan terlalu lama mengaduknya. Terakhir masukkan kulit jeruk dan vanili aduk asal rata dengan menggunakan spatula.

3. Tuang adonan ke dalam loyang, kali ini aku coba pakai baking dish kaca tahan panas merk Glass Lock, bisa juga pakai loyang kue biasa atau yang silicon. Masukkan ke dalam oven suhu 150 C panggang dengan api atas bawah selama 30 menit, keluarkan sebentar, tutup loyang dengan aluminium foil supaya bagian atas kue tidak gosong lalu panggang lagi dengan suhu 170 C selama 30-40 menit sampai cake matang, cek dengan tusuk gigi bila sudah tidah ada adonan basah yang menempel berarti cake sudah matang.

You Might Also Like

0 comments